Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 20 Agustus 2012

TNI & POLRI Buru 80 Imigran Gelap di Cianjur

Tim gabungan TNI Polri memburu 80 imigran gelap yang akan menyeberang dari Cianjur Jawa Barat ke Pulau Christmas, Australia. Kapolres Cianjur AKBP Agustri mengatakan pengejaran dilakukan sejak pukul 02.00 WIB dinihari tadi. "Hingga sore ini pengejaran masih dilakukan di sekitar Pantai Cisela, Cidaun, Kab Cianjur, Jawa Barat," katanya.


Agustri menjelaskan bahwa dari pengintaian  polisi, para imigran itu berjumlah 80 orang. "Saat penggerebekan awal, kami berhasil menangkap 26 orang. Sisanya melarikan diri. Pada pukul 10.00 WIB kami berhasil menagkap 7 orang lagi. Sisanya masih kami buru."

Polisi langsung menggelandang 33 imigran gelap ini ke Mapolres Cianjur dengan menggunakan satu truk dan mobil Elf. Dari 33 imigran ini ada seorang wanita dan satu anak-anak."Bahasa jadi kendala kami melakukan interogasi. Dari penggeladahan hanya tiga orang yang punya dokumen pencari suaka dari UNHCR. Mereka dari Irak, Iran, Pakistan, dan Afganistan," katanya.

Di sela sela pemeriksaan para imigran ilegal ini, Kasubdin Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II, Sukabumi, Irpan Sapari mengatakan, saat ini pemerintah masih mendalami rute yang mereka tempuh sebelum masuk ke wilayah Cianjur dan akan menyeberang ke Australia.

“Kami masih menunggu perwakilan  International Organization For Migration (IOM). Mereka yang lebih kompeten menangani imigran gelap ini. Karena tiga dari yang ditangkap memiliki dokumen yang dikeluarkan oleh UNHCR sebagai pencari suaka resmi,” katanya.

Irpan menjelaskan tim kantor imigrasi hanya akan mendata para imigran yang tertangkap. Pendataan untuk mencatat identitas para imigran gelap ini. Petugas imigrasi mengambil foto mereka satu per satu. Mereka difoto dengan tangan terborgol. 



SUmber : Viva News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters