Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 13 November 2013

Ulah hacker menyerang Australia bikin repot Indonesia

Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) mengeluhkan ulah hacker muda yang tergabung dalam Anonymous Indonesia karena hanya merepotkan penjagaan keamanan situs penting pemerintah.

Ulah hacker menyerang Australia bikin repot Indonesia

Wakil Ketua ID-SIRTII Muhammad Salahudin mengatakan hacker muda Indonesia itu mengatasnamakan nasionalisme sempit tetapi menyengsarakan banyak pihak demi kejayaan diri sendiri atau kelompok, supaya tenar minta diakui padahal tidak peduli aksinya justru semakin mengundang masalah bagi jaringan Indonesia dan kemarahan pihak lain.


"Apa mereka tidak mikir orang seperti aku terpaksa harus meyakinkan counter part agar tidak ada balasan serangan yang sangat bisa jadi merontokkan jaringan kita, tetapi para ababil ini bersorak kemenangan menganggap pihak Australia misalnya sudah kibar bendera putih, di satu sisi jaringan kita drop turun kualitasnya karena ulah mereka berapa banyak pengguna dirugikan, kesal pria yang akrab dipanggil Didin itu kepada merdeka.com, Rabu (13/11).

Menurut Didin, kalau memang nasionalis, mereka seharusnya bergabung memperkuat ketahanan cyber Indonesia dan bekerja keras di belakang layar.

"Pekerjaan besar menunggu. Maukah menempuh jalan sepi tanpa tepukan penonton dan sorotan media? Serta imbalan cuma cukup buat jajan bakso? Sanggupkah komitmen dedikasi tak terbatas waktu dan tuntutan update, fast self learning serta kontribusi tanpa bertanya kontrak dan bayaran?" tantangnya.

Biasanya, lanjutnya, begitu tahu konsekuensinya, mereka ramai-ramai melipir kabur tiarap atau basa basi sebentar habis itu minggat tanpa kesan.

Untungnya, tambah mantan hacker itu, aset informasi Indonesia yang strategis tidak seberapa. Pihak counterpart, kata Didin, juga menjaga kondisi biar tidak makin keruh.

"Bahasa politiknya cooling down. Asal diketahui saja itu situs intelijen dan militer Australia bukan down karena serangan tetapi emang sengaja dimatikan agar tidak menjadi pemicu. Ini juga bukti bahwa aksi yang semacam itu tak ada gunanya," tuturnya.

Menurut Didin yang punya nama online Pataka itu, kalau secara ekspresi tentang martabat itu bagi Australia sudah cukup memalukan ketika dubesnya dipanggil dimintai penjelasan oleh pemerintah dan sampai Menhannya langsung datang itu secara politis adalah cara Australia meminta maaf.

"Memangnya yakin kita tidak melakukan hal yang sama, yaitu melakukan penyadapan ke mereka?" ujarnya sambil berlalu pergi. (Merdeka)

18 komentar:

  1. ahh, ngemeng aja lo didin, biarkanlah yang muda yang bereaksi dari pada yang "tua" seperti anda hanya repot cari nasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti andalah kaum ababil yang pak didin maksud, hanya menggunakan emosi sesat tanpa memikirkan AKIBAT yang sedang menunggu didepan -_______-" ANDA PAYAH PAK !!
      coba deh anda baca yang kalimat :
      "Memangnya yakin kita tidak melakukan hal yang sama, yaitu melakukan penyadapan ke mereka?" ujarnya sambil berlalu pergi. (Merdeka)
      kalo emang anda pinter, anda tau pasti maksd nya pak didin apa !
      jangan dungu-dungu banget mas jadi orang. :)

      Hapus
  2. pak Didin saya berdoa semoga anda diberi kekuatan untuk bertugas. anda punya pekerjaan mulia melindungi negara. jangan menyerah ya Pak..

    BalasHapus
  3. orang indo kampungan,baru bisa nge hack, nnt palapa di hack baru mewek deh. nasionalisme sempit, Snowden didengerin... bego!

    BalasHapus
    Balasan
    1. so tahu luh! yg bisa hack satelit yg jago orang indonesia, ausie ga ada apa2 nya. Negara dihina diam saja, jangan2 keluarga lu dihina diam juga! mendingan dengar snowdon, daripada dengar bicara orang oon kaya lu!

      Hapus
    2. allahhh lo ngerti apa sih,itu mah politik luar negri,sadap menyadap biasa,dari jaman Nazi udah ada kayak ginian,jangan kampunganlah...baru bisa punya jaringan internet aja belagu. mending kita minta mereka data2x transaksi para pejabat kita yg korup. gimana? setuju? itu lebbih baguss...itu baru nasionalis

      Hapus
    3. dasar bloon lu, mana ngerti dia tentang koruptor indonesia, yg tahu kita sendiri, mana kenal dia sama saudara2 pejabat koruptor yg menerima aliran dana hasil korupsi, lagian mana mau dia mikirin masalah itu. Memang lu punya rasa nasionalis, diserang australia aja lu diam, lebih parah lagi, lu bilang itu normal, mengatai-atain Hacker Indoensia yg mencoba membela harga diri Indonesia, agar mereka tdk macam2 lagi dgn ejekan nasionalis sempit.
      Nanti orang Indonesia diperkosa di Malaysia lu bilang itu normal, soalnya TKI dari dulu memamng sering diperkosa di Malaysia dan Arab Saudi. Dasar PKI!

      Hapus
    4. satelit palapa sudah dijual ke singapura jadi mana mungkin di hack , g ada untungnya buat mereka , kalau mereka mau tinggal minta data lengkapnya z toh singapura juga sekutu mereka

      Hapus
  4. Celakanya Anonymous Indonesia tampaknya tidak sadar klo sedang dipolitisasi.
    Sadap-menyadap itu adalah cara memperoleh data yang ilegal namun dilakukan oleh setiap negara, termasuk Indonesia. Dan itu adalah tugas dari setiap lembaga intelijen dan lembaga sandi negara.
    Mungkin saja ada strategi khusus yang dilancarkan AS dan sekutunya melalui snowden atau siapalah itu, dengan menggulirkan isu ini.

    BalasHapus
  5. Ya kalian2 inilah manusia2 yg berwatak ternak, gk mau ambil resiko, diapa apain manggut2 aja, toh kalian juga gk rugi ini kok. justru manusia seperti kalian beserta pak didin ini lah yg menjatuhkan wibawa bangsa, saya salut atas sikap yg diambil para Anon Indo, disaat pemerintah tidak menunnjukan sikap yg jelas, merekalah yg memberikan hentakkan keras kepada mereka yg mengganggu kedaulatan bangsa. kata2 pak didin diatas terdengar sangat pesimis, seolah olah kita takut akan serangan balik dari mereka, padahal saat ini mereka itu sudah sangat malu karena kelakuan bejadnya ketauan.

    Walaupun sadap menyadap itu legal legal saja, tapi jika sudah ketahuan oleh si korban siapa juga yg tidak marah, kayak menyontek, kalo gk ketahuan sih boleh2 aja, tapi kalo ketahuan siap2 terima resikonya.

    Saya dukung Anonymous Indonesia, tetap kobarkan semangat nasionalisme!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue baca twit2 nya assuie, orang yg kayak lo diketawaiin abis..it doens't harm them at all bro. mereka aja sebel ama government. coba nasionalis nya yg pinter dikit... :P sadap menyadap itu mah biasa,justru kalo mereka sadap kita bisa minta data2x para koruptor kita yg kae HP buat transaksi.

      Hapus
    2. yeh bodo amat mereka mau ketawa sampe jomplang juga, itu hak mereka kok, its doesnt harm them? yah ini aje juga baru mulai, kalo udah mampus tuh sistemnya baru dah nangis darah tuh bule lembek. yah gw mah gk kayak lu sok sok strategi buta gk jelas, gw dukung apa yg bisa buat Indonesia ini disegani dan maju, apapun resikonya, karena gw percaya negara ini bisa, tapi gimana mau maju kalo banyak rakyatnya masih kayak lu, pesimis kambing.Koar koar doang lu sok strategis, data koruptor apaan, yg disadap apa yg diminta apa, sekalian aja lu minta data selingkuhan pacar lu, itu juga kalo punya :p

      Hapus
  6. Menjatuhkan wibawa bangsa apa? Tau tidak dalam politik luar negeri itu kalau sampai dipanggil dubes dan menhan datang untuk klarifikasi itu kita sudah menang. Pemerintah tidak jelas? Anda pernah baca berita ngga di koran, tv, radio soal tuntutan pemerintah kita?

    Anda berharap pemutusan diplomatik? Bayar ganti rugi? Embargo ekonomi? or bahkan ajak perang? Langkah-langkah sembrono dan sempit itu hanya merugikan bangsa kita!

    Untuk melawan lawan yang lebih kuat kita tidak bisa konfrontatif dan melakukan hal yang sama seperti 'musuh' kita. BE SMART. Pakai otak bukan otot dengan darah mendidih.

    Hentakan keras? Deface dan buat website down tidak memberikan efek apa2! Mereka sudah menduganya. Pesimis? Takut serangan balik? Ngomong apa sih, dia sayangkan kenapa sampai serangan Alaynimus kita mengganggu jaringan Indonesia sendiri! Cyber Defence kita masih sangat lemah, masih dlm tahap pengembangan. Kenapa mereka ga sumbang kepintaran mereka bangun ketahanan infrastruktur internet kita?

    Sadap menyadap itu ILEGAL bukan legal. Operasi sadap menyadap itu operasi rahasia yg dilakukan oleh seluruh negara di dunia. Anda kira Indonesia tidak menyadap malaysia, singapura, timor-timur, filipina, papua nugini,dan bahkan australia sendiri? Yang membedakan hanya tingkat kecanggihan dan level menyadapnya.

    Sebutkan satu tindakan anonymous yang produktif dan bermanfaat? Tidak ada! Negara2 yg diserang tidak bergeming sedikit pun. Malah anonymous memberikan pelajaran bagi Cyber Defence negara2 yg diserang mengenai celah keamanan dan identitas penyerang. Anda kira badan2 intel Indonesia, China, US, Aus, dll tidak tahu identitas anggota anonymous? Pikir lagi.

    Semangat Nasionalisme kita semua harus diarahkan ke tindakan yg PRODUKTIF dan BERMANFAAT bagi bangsa Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda, kalau maling ga ketahun, ya tdk diapa2 in. Tapi kalau ketahun risikonya harus bayar, jangan sudah ketangkap nggak direspon, seperti nggak gak punya harga diri. Yg lbh parah lagi dibilang, maling itu dibilang normal, smua juga melakukan.

      australia hebat darimana? jauh hebat kita, kita stop impor daging sapi saja mereka sudah mewek....
      pertumbuhan kita bertahun-tahun selalu fantastis walaupun disupirin sama pilot culun.

      bayangkan 10 atau 20 tahun kemudian, dgn pertumbuhan ekonomi sama seperti sekarang, kita jauh lebih menjadi negara besar.

      hacker indonesia seperti tni tdk menghasilkan barang produktif, tetapi mereka yg menjaga negara ini dari orang lain utk lbh hati-hati thd RI, krn mereka kita bisa tidur nyenyak dan bekerja dgn tenang. Dan melindungi orang2 yg sok pintar, bisanya mencaci orang lain, dan tdk menghasilkan kontribusi kpd RI

      Hapus
    2. satu lagi, perunding2an ato pertemuan sok resmi itu semuanya bullshit kalo bukan negara dari satu blok. Realisme gk bakal pernah ilang

      Hapus
  7. Wahhh memang anda sangat pintar, mempersepsikan membabi buta, nggak tau yg dia persepsiin bener apa nggak.

    gw tanya lu misalnnya berjiwa maling, nyolong duit temen lu yg badannya gede, eh lu ketawan, abis itu lu panggil sama temen lu itu, abis itu dia bilang "eh besok jangan gitu lagi ya, gk baik tauu" kapok gk lu, abis itu lu masukin sampah ke tas dia, dia malah ngomong gitu lagi, malah mungkin mau nyolong lagi kalo dia orangnya begitu, beda sama misal nya lo ketawan nyolong abis itu nyolot kayak gitu minimal di dorong dah lu, abis itu dibentak bentak, sampe seisi kelas ngeliat lu, tuh baru kapok! Panggil panggilan gitu mah gk ada ngaruhnya, harus diomonginnya kerasin bentakin depan muka dubesnya, ketakutan banget tuh pasti dubes, baru dia ngadu deh ke negaranya, negaranya akhirnnya segan sama kita. Tapi masalahnya ada gk yg berani kayak gitu di pemerintah kita.

    Nih paragraf dua dari tulisan anda bikin gw nyengir sendiri udah kayak baca jokes di kaskus. Sok tau banget lu, kalo lu ngomong kayak gitu berarti di lubuk hati terdalam lu masih ada secuil niat kayak gitu, lu tuh sana mikir lagi, dasar noob.

    Perasaan gk ditulis tuh diatas kalo serangan hacker kita malah menggangu sistem. kalo kadang2 situs pemerintah di serang hacker kita sendiri, ya itu wajar lah di setiap negara, namanya juga hacker. Nyumbang2 lu kira kotak amal, pemerintah yg harus nya merekrut mereka, bukan mereka yg ngemis2 direkrut, mau enaknya aje emang. Nih perkataan pak didin yg paling kekanakan dan menjijikkan, di bilang buat cari ketenaran lah biar diliat media, udah kayak artis baru nyari sensasi lu pak, lu ngiri ato apa, bekerja dibelakang layar buyut lu, mau kemana mereka mengabdi, mereka aja gk tau mau kemana biar bisa menyumbang bakat mereka, sekali lagi harusnnya pemerintah yg merekrut mereka.

    Memang ILEGAL, tapi ILEGALnya itu kayak nyontek makanya gw bilang, gk ngerti juga lu pe'a

    Produktif Bermanfaat, emang harus gitu, adek gw juga tau. Koar koar doang orang kayak lu mah. Sono jadi motivator aja lu mendingan, oh ya tapi gk bisa juga, mana ada motivator pesimis :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  8. setidaknya tindakan para hacker indonesia thd australia lebih mulia ketimbang kerjaan rekan2 si didin di dpr ya juga sama2 rame2 nyaitu KORUPSI BERJAMAAH ...!!!!! maaf buat yg merasa tersinggung,jika ya berarti anda manusia

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters