Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 05 Maret 2015

BNPT: Waspada rekrutmen teroris di dunia maya

Perkembangan kejahatan terorisme telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan kini terorisme telah merambah ke dunia maya melalui media sosial untuk merekrut anak-anak muda bergabung untuk menjalani aksi teror.

Waspada rekrutmen teroris di dunia maya

Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Agus Surya Bakti mengatakan, aktivitas terorisme kini telah memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan jaringan di seluruh dunia.

"Aksi teroris dunia maya semakin hari semakin meningkat. Berdasarkan data yang ada di tahun 1998 itu para teroris masih mengembangkan jaringan melalui website. Pada tahun itu baru ada 12 web di dunia maya. Namun semakin berkembang, Tahun 2003 itu ada 2965 web, dan Tahun 2014 itu sampai 9800 web," kata Agus, saat diskusi di Warung Daun, Jakarta Pusat, Kamis (5/3).


Agus menjelaskan, dengan menggunakan media sosial maupun website di dunia maya, teroris bisa sangat mudah mempengaruhi anak-anak muda di dunia, khususnya di Indonesia. Apalagi, saat ini menurut Agus, perkembangan gadget di Indonesia sudah sangat meluas di kota-kota besar.

"Kenapa media online karena mudah diakses, tidak ada kontrol, audience nya luas, kecepatan informasi. Inilah yang saat ini dimanfaatkan para teroris," jelasnya.

Dia berharap, untuk mengantisipasi adanya pengembangan jaringan teroris di Indonesia, sebaiknya pemerintah melalui kemenkominfo harus bekerja lebih keras lagi untuk menguatkan peran cyber police dan cyber army harus di dunia maya.

"Penutupan akun dapat dilakukan oleh Youtube, Twitter, Facebook, terhadap aktivitas terorisme global oleh pemerintah," tandasnya. (Merdeka)

4 komentar:

  1. banyak isu ketegangan indonesia vs australia dan indonesia vs brasil belum lagi politik international indonesia pro amerika. palestina . arab. korea. rusia. india dan china semoga indonesia tetap raksasa perkasa seluruh dunia inter nasional

    BalasHapus
  2. semoga tidak teroris di indonesia . slalu aman. bahagia. tentram. senang bergembira.

    BalasHapus
  3. semoga tidak ada teroris di indonesia . slalu aman. bahagia. tentram. senang bergembira.

    BalasHapus
  4. amiin,,,
    dan semua tergantung kita sebagai warga indonesia, kekompakan untuk menjaga negari kita ini tetap damai, aman dan tentram serta semoga maslahat fiddini wadunya wal aakhiroh. amiin,,,,

    salam indonesa anti teroris isis,,,,,

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters