Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 20 Juli 2015

Kerjasama Nuklir Indonesia dan DCNS Perancis

Duta Besar Perancis Corinne Beutze dan Menteri Koordinator Kelautan Indonesia Indroyono Soesilo membuat tiga perjanjian Perancis-Indonesia, yakni : pertukaran keahlian dalam pembangunan pembangkit listrik karbon rendah antara PLN, EDF dan AFD, kedua kerjasama antara perusahaan badan nuklir DCNS dan BATAN (Indonesia) dan ketiga, kerjasama antara perusahaan Sabella SAS dengan dua bisnis lokal Indonesia yang bergerak di Marine Energy, 13/02/2015.

Reaktor Nuklir bawah laut DCNS Perancis
Reaktor Nuklir bawah laut DCNS Perancis

Mereka akan bekerja di kepulauan Indonesia, yang terdiri dari 17.000 pulau yang membentang di atas wilayah laut 6.000 hingga 2.000 kilometer.

Sabella SAS melakukan perjanjian kemitraan industri dengan PT. Prima Langkah Pratama (PLP) dan PT Meindo Eland Indah (MEINDO) untuk memasarkan turbin Sabella D10.

Sabella SAS bertanggung jawab atas rekayasa dan penyediaan turbin, PLP bertanggung jawab dalam manajemen proyek dan bantuan teknis, MEINDO untuk konstruksi logam set dan bekerja di operasi laut.


Ini adalah penandatanganan pertama yang penting untuk Sabella dalam ekspansi internasional dan memberikan sukses nyata bagi mereka. Menurut direktur komersial Sabella SAS, Jean-Christophe Allo, air pasang surut Indonesia memiliki potensi yang lebih besar dari 5 GW.

Tujuan dari PLP, Meindo dan Sabella SAS adalah untuk menanamkan di Indonesia untuk turbin kekuatan 50 kW hingga 2 500 kilowatt dengan mengeksploitasi arus laut dan juga akan menciptakan lapangan kerja lokal yang signifikan.


Reaktor tenaga nuklir DCSN Perancis
Reaktor tenaga nuklir DCSN Perancis


DCNS

Untuk DCNS, perusahaan ini telah menandatangani perjanjian dengan BATAN oleh Manager Energi dan Infrastruktur yang dipimpin oleh Thierry Kalanquin. Mereka membuka perspektif baru dalam proyek Flexblue yang diluncurkan pada tahun 2011 oleh Patrick Boissier, mantan CEO dari DCNS.

Setelah dilatih dengan pembangunan boiler kapal selam nuklir, DCNS ingin menciptakan tenaga nuklir bawah air 50-250 MW listrik, yang disebut Flexblue yang dibentuk oleh silinder dengan panjang seratus meter, diameter 15 sampai 20 meter dan bobot 12 000 ton.

DNCS menyajikan proyek sebagai berikut “Unit ini akan terendam antara 60 sampai 100 meter, beberapa kilometer dari pantai.” Unit ini akan melayani negara untuk mendapatkan reaktor nuklir daya kecil dan menengah dengan biaya beberapa ratus juta euro “.


Duta Besar Perancis Corinne Beutze dan Menteri Koordinator Kelautan Indonesia Indroyono Soesilo
Duta Besar Perancis Corinne Beutze dan Menteri Koordinator Kelautan Indonesia Indroyono Soesilo


Geopolitik

Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan mitra penting bagi Perancis di Asia. Dengan pembentukan kemitraan strategis pada 2011, situs Kementerian Luar Negeri Perancis menyebutkan bahwa hubungan terikat ini, untuk meningkatkan dan mendukung pembangunan Indonesia, negara-negara berkembang dan yang terlibat dalam isu-isu global seperti perubahan iklim atau G20.

Pada tahun 2011, Menteri Perdagangan Luar Negeri, Pierre Lellouche telah menandatangani kesepakatan kerja sama di bidang energi dan sumber daya mineral, yang mulai berlaku pada 07/01/2011. Indonesia merupakan mitra dagang terbesar keempat kami di wilayah ASEAN.

Selama kunjungan resmi pertamanya pada Agustus tahun 2013, yang menandai kesediaan Perancis dalam memberikan dorongan baru bagi hubungan antara Perancis dan Asia Tenggara, Laurent Fabius menekankan bahwa pengembangan “hubungan kita dengan negara-negara Asia Tenggara harus ditempatkan pada tingkat yang sama sebagai mitra besar kami yang lain di Asia seperti Cina, India dan Jepang.

” Wawancara dengan otoritas politik telah menunjukkan kemauan umum untuk secara efektif melaksanakan kemitraan strategis bilateral yang ditandatangani pada tahun 2011.

Penguatan hubungan ekonomi adalah prioritas, dan Indonesia bagian 40% dari PDB ASEAN. Saat ini sedang dilakukan negosiasi untuk menghindari eksekusi mati terhadap warga Prancis yang terlibat perdagangan narkoba.

Energiesdelamer.eu | JKGR

1 komentar:

  1. mantap ini pembangunan pltn bisa memghemat biaya pembayaran listrik dan memakmurkan semua masyarakat indonesia,

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters