Cari Artikel di Blog Ini

Minggu, 26 Juli 2015

RI Gandeng Selandia Baru Dalam Kerjasama Bidang Maritim Khusus

Dalam membahas kerjasama kemaritiman guna membangun pembangunan maritim yang memadai, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo menggelar pertemuan dengan Duta Besar Selandia baru, Trevor Matheson, di gedung BPPT, Jakarta, (24/7/15) lalu.

Pembangkit Listrik Energi Panas Bumi, salah satu bentuk kerjasama antara RI- Selandia Baru

Pertemuan itu membahas antara lain kerjasama soal energi panas bumi, pariwisata bahari dan iptek kelautan. Pasalnya, kedua negara memiliki kesamaan dalam bentuk dan letak geogarfisnya yang strategis, yakni sama-sama berada di jalur gunung api, “Ring of Fire”.

Dengan kondisi itu, maka keduanya memiliki potensi energi panas bumi yang besar. Oleh karena itu, kedua pejabat Negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang energi panas bumi, utamanya di bidang rancang-bangun pembangkit listrik energi panas bumi, kajian tekno-ekonomi energi panas bumi serta kajian dampak sosial-budaya energi panas bumi.


Mengingat kedua Negara berada di jalur gunung api, “Ring of Fire”, dengan itu potensi energi panas bumi yang besar, maka kedua pejabat Negara tadi sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang energi panas bumi, utamanya dibidang rancang-bangun pembangkit listrik energi panas bumi, kajian tekno-ekonomi energi panas bumi serta kajian dampak sosial-budaya energi panas bumi.

Sedangkan, di bidang kerjasama iptek kelautan, Selandia Baru akan mengundang ahli-ahli oseanografi dan biologi laut Indonesia guna mengikuti Ekspedisi ke Benua Antartika menggunakan kapal riset Selandia Baru dan akan tinggal di Stasiun Observasi Ilmiah milik Selandia Baru di Benua Es Antartika. Menko Indroyono juga menyampaikan kepada Dubes Matheson tentang rencana partisipasi kapal layar tiang tinggi Indonesia, KRI Arung Samudera, untuk mengikuti lomba layar New Zealand Millennium Cup 2016, bulan Januari 2016 mendatang, sekaligus untuk mempromosikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sementara, di bidang pariwisata, Dubes Matheson mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Indonesia berkenaan dengan kebijakan bebas visa-nya bagi wisatawan Selandia Baru yang akan berkunjung ke Indonesia. Saat ini tengah dijajagi jalur penerbangan langsung antara Jakarta dan ibu kota Selandia Baru, Auckland.

Berkaitan dengan kerjasama tersebut, Selandia Baru memandang Indonesia sebagai tetangga paling penting bagi negaranya. Begitu juga Indonesia dalam memandang Selandia Baru sebagai Negara sahabat yang memiliki potensi besar untuk diajak bekerja sama di bidang-bidang khusus untuk mencapai terwujudnya poros maritim dunia. (JMOL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters