Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 24 April 2013

Kendaraan Tempur Buatan Pindad Bandung

Kemampuan industri militer dalam negeri terbukti telah mampu menghasilkan produk unggulan. Dengan berkiblat ke Eropa dan NATO (North Atlantic Treaty Organization), Indonesia telah mampu menghasilkan amunisi, senapan bahkan mobil atau kendaraan perang.



Di Indonesia, kemampuan ini hanya dimiliki oleh PT Pindad (Persero). Diproduksi di Bandung Jawa Barat, BUMN senjata ini, telah memproduksi hampir 200 unit panser jenis Anoa 6x6 dan mobil perang lainnya.

Bahkan yang terbaru, Pindad mampu memproduksi Humvee dan akan meluncurkan tank versi Indonesia. Mau tahu, apa saja kendaraan perang produksi Bandung? berikut ulasannya



Rantis Komodo

Pindad sejak tahun 2010 telah mengembangkan mobil tempur versi ringan yang bernama Komodo. Desain dan konsep Komodo, mengacu pada mobil perang ringan jenis Humvee buatan Amerika Serikat dan Sherpa buatan Prancis.

Pada 2012, mobil tempur versi ringan ini, mulai diperkenalkan kepada publik. Dibandrol mulai harga Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar, mobil perang ini, telah diproduksi 5 unit dan digunakan oleh kesatuan Kopassus dan Brimob.



Salah satu variannya ialah Battering Ram atau varian Pendobrak. Jenis ini, digunakan untuk pertempuran khusus dan aktivitas anti teror. Mobil yang dipesan secara khusus oleh Kopassus ini, mampu menabrak betok setebal 30cm dan dikendarai saat gelap karena menggunakan sistem kamera night vision.

Kendaraan ini juga, dilengkapi dengan peralatan elektronik dan komunikasi super canggih mendukung operasi khusus. Varian Komodo 4X4 antara lain: APC, Command, Recon, Ambulance, Battering Ram, Cannon Towing dan Rocket Launcher.

Panser Anoa
Anoa 6X6 merupakan panser buatan Pindad yang telah diproduksi hampir 200 unit. Kendaraan tempur yang didesain 6 varian ini, mengadopsi panser VAB buatan Prancis. Kendaraan yang awalnya diragukan kehandalannya ini, kini telah menjadi idola bagi militer di Indonesia.




Bahkan militer negara tetangga, Malaysia dan Singapura mulai melirik panser yang dibuat dan dirancang oleh tenaga ahli Pindad di Bandung. Dibandrol mulai harga Rp 8 miliar per unit, Anoa telah dirancang sebanyak 7 varian yakni varian ambulance, angkut personel (APC), komando, logistik BBM, logistik munisi, mortir 80 carrier.


Police Water Canon

Pindad juga telah memproduksi mobil perang tipe water cannon. Dengan kosep mobil penyemprot air untuk tujuan menangani kerusahan atau huru-hara, Pindad memproduksi dan merancang kendaraan water canon untuk kepolisian.



Mobil yang bisa diawaki oleh 4 orang ini, mampu menembakkan air hingga jarak 70 meter. Dilengkapi dengan kamera khusus, water canon buatan Pindad mampu menyemprotkan busa anti api (bom molotov) dan gas air mata.

Mobil perang khusus ini, sekarang sudah digunakan oleh Kepolisian RI, bahkan Timor Leste juga membeli water canon dari Pindad.


Tank Tempur


Meskipun belum diluncurkan secara resmi, Pindad telah mampu menghasilkan prototype tank varian light (ringan). Mengacu pada tank jenis Scorpion, Pindad siap memproduksi panser dengan model roda rantai ini.



Pindad juga sedang merancang tank tipe medium. Tank ini, mengadopsi pada tank Marder buatan Jerman. Meskipun hanya akan memproduksi tank tipe ringan dan medium, namun Pindad mampu melengkapi mobil perangnya dengan meriam untuk tank tipe berat (heavy) seperti Leopard. (detik)

3 komentar:

  1. RADIO AKTIF TELEVISI INSONESIA
    INTERNASIONAL RUSIA TODAI
    TV, NHK NIPON, VOA AMERIKA,
    RETURN, CHINA TV, BRUNAI
    ASEAN TV, INDIA, LIGA ARAB ,
    KABAH DAN MADINA LIVE TV, DW
    JERMAN KOREA,INDONESIA TV. NKRI INDONESIA SEMAKIN KUAT RAKSASA PERTAHANAN NYA

    BalasHapus
  2. Hebat, maju terus Indonesia. Coba kenapa kita harus pesan dari luar negeri ? Kita bisa beli Helicopter dari PT. Dirgantara, bisa beli Tank dan Panser dari PT. Pindad, bisa beli Kapal perang cepat dari PT. PAL dan bisa beli Kereta Api dari PT. INKA kenapa dan kenapa ?? Jawabnya satu pejabat beli dari luar negeri karena HARGA bisa di mark-up untuk di Korup. Kalau beli didalam negeri harganya semua sudah tahu jadi tidak bisa dimahal2in

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters