Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 26 Agustus 2013

Misi Amerika dibalik Penjualan Helikopter Apache Untuk Indonesia

Seperti sudah bisa ditebak, kedatangan Menteri Pertahanan Amerika Serikat ke Indonesia membawa kabar baik. Seusai pertemuannya dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, diumumkan pula kesepakatan penjualan helikopter AH-64E Apache Guardian kepada Indonesia. Nilai penjualan pun melorot drastis menjadi 500 juta dollar, dari sebelumnnya 1,4 Milyar dollar sesuai pengumuman DSCA. Bahkan disebutkan pula, harga tersebut mencakup radar Longbow serta pelatihan.

Misi Amerika dibalik Penjualan Helikopter Apache Untuk Indonesia

Kehadiran Apache seri paling mutakhir ini tak pelak akan menambah kemampuan TNI-AD, khususnya Penerbangan TNI-AD. Sebelumnya, untuk tugas serang TNI-AD mengandalkan heli Mi-35P serta NBO-105. Kita patut berbangga hati dalam hal ini tentunya.


Namun demikian, ada sedikit hal yang agak janggal. Seperti dalam laporan Startribune, Indonesia disebutkan telah setuju berdiskusi untuk memperbolehkan Amerika Serikat mencari jenazah prajurit AS yang gugur semasa Perang  Dunia ke-2, di perairan serta daratan Indonesia. Menurut penilaian ARC, hal ini agak janggal. Pasalnya AS belum pernah secara aktif mencari jasad prajuritnya yang gugur di perang Korea atau Vietnam. Jika pun mencari, itu atas desakan komunitas tentara AS.

Bukan tidak mungkin, 'pencarian' yang dilakukan di perairan dan daratan Indonesia justru digunakan untuk hal lain. Memetakan perairan Indonesia untuk operasi kapal selam atau mendata pantai mana saja yang cocok untuk pendaratan amfibi misalnya. Lagi pula, kebanyakan prajurit AS bertempur di kawasan timur Indonesia. Tak perlu lah kami sebutkan ada apa di Timur Indonesia. Para pembaca yang budiman tentu sudah bisa menebaknya.

Akan tetapi, semoga saja itu semua tidak benar, dan Amerika memang jujur ingin mencari jasad prajuritnya. Seandainya pun disepakati, semoga saja perwira penghubung dari TNI bisa sigap dan mawas.

Di sisi lain, dalam pertemuan tadi juga disepakati, Indonesia dan Amerika akan menjadi tuan rumah bersama untuk ADMM Plus, dalam kegiatan Counter Terrorism Exercise (CTX), yang akan berlangsung pada tanggal 9-13 September 2013 mendatang di Kawasan IPSC Sentul, Bogor. Latihan bersama yang melibatkan 18 negara ini adalah pertama yang pernah dilaksanakan di Kawasan Asia Pasifik. Menhan Purnomo Yusgiantoro berharap Menhan Chuck Hagel dapat hadir untuk menyaksikan latihan bersama ini. (ARC)

10 komentar:

  1. mencari jasad tentara....??gak mungkin,pasti ada agenda lain yg terselubung.seperti artikel diatas yaitu memetakan daratan dan perairan indonesia,itu sudah pasti.karna usa punya aset di papua yaitu freeport dan berupaya memisahkan papua dari NKRI.ITULAH AGENDA YANG SESUSUNGGUHNYA.

    BalasHapus
  2. Amerika itu pasti ada maunya dan mending indonesia jgn terlalu dekat denganya jika gak ingin dibodohi

    BalasHapus
  3. gak pernah belajar dr kesalahan negara kita, uda bagus2 gandeng soviet(rusia), knp mesti amerika sih, goblok di peliara, negara bakalan dijajah lg aja bisa gak tau, punya pemimpin otaknya di dengkul ya gn, emang ada benernya jg kl ada yg blg indonesia gak pernah merdeka

    BalasHapus
  4. lebih baik dibatalkan saja pembelian heli canggih itu, daripada USA bebas acak acak kedaulatan negri kita. saya yakin seyakin yakinnya bahwa as mempunyai agenda terselubung...
    pasti menjajah, dan menyukseskan menjadikan Indonesia 17 negara.. tanggungjawab siapa tuh?

    BalasHapus
  5. ya itulah indonesia tidak mau belajar dari masa lalu,di embargo lagi baru tau rasa

    BalasHapus
  6. Tidak mungkinlah mencari jasad perang dunia 2, buat apa juga pula, pasti untuk mendeteksi luas dataran indonesia, selain ingin mengeduk sumber alam Indonesia. (ʃ_⌣̀ )/| Ðûĥ. Apa mau indonesia dijajah dalam kemerdekaan..

    BalasHapus
  7. kl alibi nya untuk pemetaan bawah laut dan pemetaan pesisir kyk ny kurang tepat. si amrik kan punya satelit mata-mata canggih yang bisa ngeliat bentuk kontur permukaan dengan presisi dahsyat, atau dgn pakai Drone UAV nya yang canggih. kl ane si merasa knp tu amrik mau psang bandrol diskon 60% heli nya supaya indo mau pake lagi barang amrik lagi, supaya indo ngk jadi terlalu dekat dgn rusky (rusia) yang memang rival abadi nya amrik. secara kita kan akhir2 ini memang lbih tertarik sm produk rusky yg bebas embargo. yaa mkin selain itu ada motif lain yang memang diincar,

    BalasHapus
  8. helikopter Apache bagus untuk Indonesia

    BalasHapus
  9. Kemampuan Apache diatas rata-rata Helikopter, kunjungan balasan dong ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters