Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 06 Oktober 2014

Ikut Simulasi Perang, Sultan DIY: Ini Pengalaman Menarik

Para gubernur naik turun helikopter, kapal, menembak, dan berlari.

Sebanyak 29 kepala daerah mendapatkan Baret dan Brevet kehormatan dari TNI, Senin 6 Oktober 2014.
Sebelum penyematan, mereka diharuskan mengikuti simulasi operasi militer, yakni perang dan melakukan serangan terhadap musuh di Markas Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya.


Sejumlah gubernur berlari saat akan melakukan latihan menembak di lapangan tembak Komando Armada RI Kawasan Timur, Surabaya
Dalam upacara pembaretan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko, para gubernur itu tampak rela berdiri di bawah terik panas Matahari mengikuti upacara. Mereka membentuk satu regu yang berdiri di tengah-tengah barisan pasukan TNI.

Berdiri di sebelah kanan sebagai komandan regu "pasukan gubernur", adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di sela pembaretan, mengaku mendapat pengalaman baru dalam rangkaian kegiatan penyematan tanda kehormatan TNI ini. Sultan tak sungkan untuk berlari dan menembak.


"Ini adalah pengalaman yang menarik, baik dari udara dengan helikopter, dari laut dengan kapal karet, dan dari darat latihan menembak. Tadi, kami berlari-lari," kata Sultan saat ditemui di Dermaga Ujung, Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya.

Sultan menuturkan, kegiatan simulasi perang tiga matra, darat, laut, dan udara ini baru pertama kali diikuti. Menurut Sultan, simulasi ini penting bagi kepala daerah, yang selama ini lebih banyak berada di ruangan eksklusif dengan pelayanan berlebihan.

"Ini pertama kali, jadi mengikuti ini. Kepala Daerah tidak sekadar berada dalam bangunan yang ber-AC," ujarnya.

Sultan menambahkan, peran kepala daerah sangat penting dalam menjaga stabilitas negara. Karena itu, situasi dan kondisi wilayah, khususnya di perbatasan lebih terjaga.

Sejumlah gubernur hadir dalam kegiatan penyematan tanda kehormatan TNI, di antaranya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Plt Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Zaini Abdullah. (VivaNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters