Cari Artikel di Blog Ini

Rabu, 01 Oktober 2014

Kasal Terima Bintang Kehormatan The Legion of Merit dari Amerika Serikat

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Marsetio, menerima Bintang Kehormatan The Legion of Merit Pemerintah Amerika Serikat. Penyematan bintang kehormatan itu dilaksanakan Admiral Jonathan Greenet, selaku CNO (Chief of Naval Operation US Navy/setingkat Kasal) dalam sebuah upacara kemiliteran khas Angkatan Laut Amerika Serikat di lapangan US Navy Yard Washington DC Amerika Seikat, diiringi tembakan kehormatan meriam sebanyak 19 kali.

Dispenal

“Kami menyambut baik sahabat dan mitra kami, Laksamana TNI Marsetio, selaku Kepala Staf TNI Angkatan Laut pada pagi ini, di halaman Markas Angkatan Laut AS, dalam sebuah upacara yang penuh kehormatan. Laksamana TNI Marsetio adalah pemimpin yang visioner, baik pada angkatan lautnya serta di kawasan regional Asia Tenggara,” kata CNO, Admiral Jonathan Greenet, saat menyematkan bintang kehormatan.

Admiral Jonathan Greenet mewakili Pemerintah Amerika Serikat, dalam pidato resminya menyampaikan selamat kepada Kasal, karena dalam kurun waktu tahun 2012 sampai dengan 2014, Marsetio berhasil meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dan harmonis kedua Angkatan Laut, dan TNI AL telah memiliki peran signifikan menjaga keamanan maritim di kawasan Asia Tenggara, serta dapat menjalin kemitraan yang sama di kawasan Pasifik.


Lebih dari itu, orang pertama di TNI AL ini dinilai berhasil menggagas diselenggarakannya peningkatan kerja sama dalam rangka keamanan di kawasan Asia-Pasifik, seperti mengorganisasi diadakannya International Maritime Security Symposium (IMSS) yang melibatkan 57 negara, dilanjutkan melaksanakan latihan bersama skala besar Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 dengan 18 negara negara-negara ASEAN dan sejumlah negara besar Eropa dan Asia lain yang digelar di wilayah laut Indonesia, yakni Laut Natuna, yang berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan.

“Kerja keras yang telah ditorehkan akan selalu dikenang dan saya berharap, kerja sama kedua bangsa antara Amerika dan Indonesia, khususnya kedua Angkatan Laut, akan terus berjalan,” harap Admiral Jonathan Greenet.

Bintang kehormatan The Legion of Merit merupakan bintang kehormatan yang diberikan kepada para tokoh militer maupun sipil Amerika Serikat maupun pejabat di luar negara Amerika Serikat yang dinilai sangat berkiprah dalam bidangnya, di antaranya dalam keamanan laut berskala Internasional. Untuk mendapatkan Legion of Merit harus mendapatkan persetujuan Kongres Amerika, bukan hanya US Navy.

Simposium Sea Power

Selain menerima penghargaan bintang kehormatan, kunjungan Kasal di Amerika Serikat juga dalam rangka menghadiri 21th International Sea Power Simposium (ISS) di US Naval War College (NWC) di Newport.

Lebih dari 170 wakil dari 113 negara hadir dalam acara tersebut dan mengambil bagian dalam diskusi yang berkaitan dengan topik vital tentang kemaritiman saat ini, seperti meningkatkan operasi, kerja sama, dan sinergitas menanggulangi kerawanan dan kejahatan maritim, membahas tren masa depan dalam keamanan maritim, dan implikasi perubahan iklim terhadap keamanan maritim. Ada juga sesi untuk mengatasi tantangan Angkatan Laut dalam kondisi geografis tertentu.

Di antara para pemimpin yang hadir pada acara tersebut, tercatat 72 pejabat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), 21 Kepala Coast Guard, dan 14 presiden/rektor perguruan tinggi sekolah perang angkatan laut.

ISS pertama kali diadakan pada 1969, dan dilaksanakan dua tahunan di Newport. Kegiatan ini dirancang untuk memungkinkan para pemimpin angkatan laut dari seluruh dunia untuk bertemu dan mendiskusikan isu-isu umum yang sedang dihadapi, serta bagaimana mengatasi masalah ini dan akhirnya menemukan solusi untuk mereka. ISS berikutnya dijadwalkan tahun 2016, juga di Newport, Amerika Serikat. (JMOL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters