Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 27 November 2014

Capai World Class Navy, Marinir TNI AL Perkuat Jajaran Intelijen

Asops Kasal Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, yang diwakili Wadan Kobangdikal Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ivan AR. Titus, membuka Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI AL ke LXV TA 2014, di Gedung Serba Guna Puslatpasrat Kolatmar, Gunung Sari Surabaya, Rabu (26/11/2014).

Capai World Class Navy, Marinir TNI AL Perkuat Jajaran Intelijen

Pada pembukaan Sidang Wanbangopstik tersebut dihadiri Danlantamal V Surabaya Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang, dan para Pejabat Teras TNI AL lainnya.

Dalam sambutan Asops Kasal yang dibacakan Wadan Kobangdikal, menyampaikan forum Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik ini pada hakikatnya merupakan suatu wadah bagi para Perwira TNI AL dalam melakukan pengkajian, pengembangan dan pengujian doktrin-doktrin TNI AL untuk dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang berkaitan dengan tugas pokok yang diemban oleh TNI AL, melalui forum ini diharapkan diskusi operasi dan taktik nanti akan diperoleh output yang bersifat aplikatif dan operasional sebagai suatu pedoman dalam pengambilan keputusan di lapangan.


Pada forum Sidang Wanbangopstik ke LXV TA 2014 kali ini, masing-masing penyiap makalah telah bekerja keras untuk membuat dan menyiapkan naskah awal yang mengacu pada makalah pengajak yang telah ditetapkan, dengan demikian diharapkan akan memenuhi kriteria sebagai makalah akademis.

Manfaat lain yang dapat dipetik dari kegiatan Wanbangopstik ini adalah meningkatkan daya pikir kritis dalam menghadapi setiap permasalahan, sekaligus meningkatkan profesionalisme prajurit Matra Laut yang andal sesuai paradigma baru World Class Navy.

Pada Sidang Wanbangopstik ini akan dibahas beberapa materi yang meliputi Buku Petunjuk Lapangan Embarkasi, Debarkasi dan Reembarkasi, Buku Petunjuk Taktis Penggunaan Tempur KRI Kelas Clurit, Buku Petunjuk Lapangan Penggunaan Tempur Tank Amfibi BMP-3F dan Buka Petunjuk Pelaksanaan Survei Hidro Oceanografi dalam rangka mendukung operasi gabungan TNI.

Melalui diskusi yang bersifat aplikatif diharapkan pula akan dapat memicu lahirnya pemikiran-pemikiran baru dan inovatif, dengan demikian apa yang dihasilkan akan sangat berguna untuk mendukung kebijakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan di masa mendatang.

Di akhir sambutannya, Asops Kasal memberikan penekanan kepada para peserta Sidang Wanbangopstik, yaitu menumbuhkembangkan penyampaian ide dan gagasan yang bermanfaat guna terwujudnya Visi TNI AL, yaitu menjadi TNI AL yang andal dan disegani.

“Laksanakan forum diskusi secara bebas untuk menggali dan mengembangkan pemikiran-pemikiran baru yang kreatif serta inovatif namun tetap berada pada koridor materi diskusi. Laksanakan diskusi dengan serius serta setiap pendapat yang disampaikan harus didukung oleh dasar dan argumentasi yang kuat sekaligus dapat dipertanggungjawabkan. Semua permasalahan hendaknya didiskusikan secara terbuka untuk menemukan solusi yang terbaik dalam rangka penyempurnaan naskah,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Komando Latih Marinir (Kolatmar) Kolonel Marinir Budi Purnama sebagai Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan dalam laporannya, pada Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik TNI AL ke LXV TA. 2014 ini diikuti oleh 140 peserta Perwira TNI AL, yang dilaksanakan selama dua hari, 26-27 November 2014, dengan sasaran siding, tersusunnya empat materi Bujuklak dan Bujuktis menjadi naskah PUM dan KUAT TNI AL, meliputi Bujuklap Embarkasi, Debarkasi, dan Reembarkasi Material Tempur Pasrat dalam operasi amfibi oleh Tim penyaji dari Koarmatim dan Kolinlamil, Bujuktis Penggunaan Tempur KRI Kelas Clurit oleh Tim penyaji dari Koarmabar, Bujuklap Penggunaan Tempur Tank Amfibi BMP-3F oleh Tim Korps Marinir dan Bujuklap Survey Hidro Oceanografi dalam mendukung operasi gabungan TNI oleh Tim Seskoal dan Dishidros, serta tercapainya kesempurnaan naskah-naskah yang akan dibahas melalui dsikusi terbuka dan terarah.

Penguatan Jajaran Intelijen


Sementara di Jakarta, dalam olahraga di lapangan tembak Jusman Puger Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (26/11/2014), segenap personel intelijen di jajaran Pasmar-2 menjalin kebersamaan untuk peningkatan dalam menjalankan tugas pokoknya.

Pada kesempatan tersebut Asintel Kaspasmar-2 Kolonel Marinir Gatot Mardiyono menyampaikan bahwa diselenggarakannya olahraga bersama tersebut dalam rangka menjalin tali silaturahmi untuk mempererat hubungan sesama komuniti intelijen di jajaran Pasmar-2.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kebersamaan antar anggota intelijen sehingga dapat mendukung tugas pokok yang diberikan oleh Komando Atas,” ungkap Gatot.

Kebersamaan itu dijalin supaya soliditas sesama jajaran intelijen Marinir semakin meningkat seiring diupayakannya perwujudan World Class Navy dalam bidang intelijen.

Olahraga bersama yang dihadiri oleh Kepala Staf Pasmar-2 Kolonel Marinir Yuniar Ludfi, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Imam Sopingi, para Asisten Kaspasmar-2, Danmenkav-2 Mar Kolonel Marinir Andi Rahmat beserta seluruh anggota komuniti Intelijen Pasmar-2 tersebut diawali dengan senam aerobik, kemudian dilanjutkan dengan jalan santai melalui rute sekitar wilayah kesatrian Marinir Hartono Cilandak, dan diakhiri dengan acara ramah tamah. (JMOL)

1 komentar:

  1. Intelejen Indonesia hrs sdh go publik, artinya hrs sdh dpt memberikan ciri sendiri dan mewarnai dg citra Indonesia serta hrs sdh melanglang buana dunia utk antisipasi kekuatan2 dr luar negeri dpt dihambat.

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters