Cari Artikel di Blog Ini

Minggu, 23 November 2014

Tank BMD-4 Rusia Segera Lengkapi Arsenal Marinir TNI AL

Tahun depan akan ada penambahan tank, yakni 54 tank BMD-4M seperti yang disampaikan KASAL Marsetio pada HUT Marinir ke-69 di lapangan tembak Bumi Marinir, Karangpilang Surabaya, 17/11/2014.



Sebenarnya apa istimewanya tank yang diklaim unik dan tank bersenjata paling lengkap di kelasnya ini ?. Keunikan yang pertama tank ini bisa berenang di laut sebagai tank amphibi sehingga cocok dipergunakan oleh pasukan marinir. Yang kedua tank ini bisa diterjunkan dari pesawat sehingga bisa dikirimkan ke medan tempur manapun dengan cepat dan tank ini bisa pula digunakan oleh pasukan lintas udara.

BMD-4M dapat melewati medan air tanpa persiapan khusus. Saat mengapung di atas air, kendaraan ini dapat melaju dengan kecepatan hingga 10 km/jam dan dipacu di jalanan rata dengan kecepatan 70 km/jam dapat mencapai jarak 500 km dengan bahan bakar penuh.


Saat diluncurkan dari pesawat dan mendarat, tank ini dapat langsung operasional dengan persiapan cukup beberapa menit. Dengan lapisan “aluminium diperkeras” yang baru tank ini dapat melindungi awaknya dari senapan ringan dan pecahan peluru artileri.

Tank ini dilengkapi pula dengan suspensi hidropneumatik yang membuat kendaraan ini dapat mengubah ketinggiannya. Dengan suspensi yang fleksibel tank ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pesawat dan dapat dengan mudah pula berkamuflase dalam operasi tempur.

Kepala Perancang BMD-4M Sergey Salnikov menyebutkan kemampuan baru kendaraan ini antara lain penguncian sasaran dan pelacakan, serta cadangan amunisi yang lebih besar. Radius tembakan meningkat hingga tujuh kilometer dengan adanya senapan artileri baru, yang mampu menyerang kendaraan militer ataupun bangunan berbenteng.

Amunisi diisi ulang secara otomatis sehingga mengurangi beban fisik dan fisiologis awak, sementara sistem kendali otomatisnya dapat beroperasi dalam modus pencitraan panas. Senapan artileri 100 mm kendaraan ini dapat menembakkan rudal anti-tank Arkan (PTUR/Protivotankovye Upravlyaemye Snaryady) hampir tanpa suara. Semua karakteristik ini membuat BMD-4M menjadi sistem artileri dan roket gerak otomatis yang multifungsi.


 

Berikut data teknis Tank BMD-4M

Operasional 2005
Kru 3
Personel 5
                       Dimensi dan berat
Berat 13.6 t
Panjang 6.36 m
Panjang Hull 6.1 m
Lebar 3.11 m
Berat 2.45 m
                           Persenjataan
Kanon 100-mm gun, 30-mm
ATGW Bastion, AT-5 Spandrel
Senapan Mesin 1 x 7.62-mm, 1 x 5.45-mm
Peluncur Granat 1 x 40-mm
                             Mobilitas
Mesin 2V-06-2 diesel
Engine power 450 hp
Kecepatan Maksimal 70 km/h
Kecepatan Di Air 10 km/h
Jarak Tempuh 500 km









Sumber : JKGR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters