Cari Artikel di Blog Ini

Rabu, 13 Januari 2016

Pindad Kembangkan Senapan Serbu Bawah Air

PT Pindad (Persero) bersama Dislitbang TNI AL sedang mengembangkan Senapan Serbu Bawah Air (SSBA). Senapan varian terbaru ini dirancang untuk mendukung pertempuran atau pencegatan musuh di bawah air hingga di darat.

"Kita sedang kembangkan senapan serbu bawah air," ujar salah seorang Engineer Development Pindad, kepada detikFinance, Selasa (12/1/2016).


Pindad Kembangkan Senapan Serbu Bawah Air

Senapan serbu varian baru ini dirancang untuk mendukung pertempuran jarak dekat di bawah air (combat diver) pasukan khusus TNI AL, seperti Komando Pasukan Katak (Kopaska), Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), hingga Pasukan Intai Amphibi (Taifib).

Untuk pengembangan Senapan Serbu Bawah Air (SSBA) ini, Pindad menggandeng Dislitbang TNI AL. Senjata baru varian Pindad ini tentunya bisa menjadi kebanggan, karena senapan ini dibuat sangat detil. Bahan senapan hingga amunisi disiapkan secara khusus dan anti karat, karena harus berfungsi di bawah air.


Senapan SSBA secara design mirip dengan senapan legendaris AK 47, namun bentuk magasen sedikit ada tambahan. Amunisi juga buat khusus karena dipakai di bawah laut, dengan kaliber 5.66X150 mm dan berat 4,5 kg, senapan ini mampu menembakkan 20 butir peluru dalam 1 magasen. Untuk pertempuran bawah air, SSBA mampu menembak secara efektif dengan jarak antara 20-30 meter (kedalaman 5 meter), 10-20 meter (kedalaman 20 meter) dan 5-10 meter (kedalaman 40 meter). Bila di darat, senapan serbu ini mampu menembak sasaran dengan jangkauan efektif 100 meter.


Pindad Kembangkan Senapan Serbu Bawah Air

Selama ini, senapan tipe ini harus diimpor dari luar negeri seperti Rusia, karena Pindad belum mampu memproduksi senapan serbu bawah air di dalam negeri. Senapan tipe tersebut, saat ini masih dalam tahap pengembangan atau prototype.

Direktur Utama Pindad, Silmy Karim, membenarkan pihaknya sedang membangun SSBA, namun ia enggan menyebut tanggal peluncuran senapan serbu dalam air ini. (Detik)

3 komentar:

  1. semakin hebat dan cerdas jenius indonesia ku , sebaik nya di buat replika sebagai pertempuran di film film hollywood yang di produksi ,mgm , wb, 20th century fox, sekalian promosion market internasional senapan serbu buatan indonesia ( pindad )

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters