Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 12 Januari 2016

Rusia Ingin Komponen Pesawat SSJ-100 diproduksi di PT. Dirgantara Indonesia

Rusia tertarik bekerja sama dalam pembuatan komponen Sukhoi dengan PT Dirgantara Indonesia. Demikian hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan dan Industri Rusia Denis Manturov, sebagaimana yang dikutip dari siaran pers Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Rusia Ingin Komponen Pesawat SSJ-100 diproduksi di PT. Dirgantara Indonesia
Pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Bandara Domodedovo, Moskow, 25 Februari 2015. Sumber: Ramil Sitdikov / RIA Novosti

“Kami siap berdiskusi dengan PT Dirgantara Indonesia untuk memproduksi komponen Sukhoi di sini,” kata Manturov kepada Ketua DPD RI Irman Gusman seusai menemui Presiden Joko Widodo di Senayan, Jakarta, pada Jumat (8/1) lalu.

Menurut Manturov, Rusia berniat menggandeng industri pesawat terbang Indonesia untuk memproduksi komponen pesawat Superjet 100 (SSJ100) dan MDS-21 yang bisa dimulai pada 2018.


Sukhoi telah dikenal selama puluhan tahun sebagai salah satu produsen pesawat militer terkemuka yang diekspor ke seluruh dunia. Namun, SSJ100 merupakan produk pertama Sukhoi di bidang pesawat sipil yang mampu bersaing dengan pesawat-pesawat terbaik di dunia. Pesawat ini mulai diproduksi pada tahun 2007. Proyek Superjet 100 didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Rusia dan dikatakan sebagai salah satu proyek nasional terpenting.

Didukung Pemerintah Indonesia

Gusman meyakini bahwa kerja sama dengan Pemerintah Rusia dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kondisi perekonomian Indonesia melalui adanya investasi di daerah.

“Kami mendorong kerja sama antara Indonesia dengan Rusia. Kerja sama ini bisa antara BUMN Indonesia dengan BUMN Rusia atau antarperusahaan swasta agar ke depannya dapat dilakukan investasi di berbagai daerah,” kata Gusman kepada Manturov.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dan Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto tersebut, Gusman menyatakan bahwa DPD RI akan berperan sebagai mediator ketika terjadi hambatan dalam proses investasi ke daerah-daerah.

Bidang Lainnya

Selain di bidang aviasi, dalam siaran pers tersebut disebutkan pula bahwa Rusia berminat untuk bekerja sama dalam bidang maritim dengan Indonesia. “Kami juga tertarik untuk mengembangkan industri perkapalan,” kata sang Manturov. “Karena itu, kita perlu berbicara secara lebih rinci dengan pihak Indonesia,” imbuhnya.

Pada Jumat lalu, Manturov bertolak ke Jakarta untuk menindaklanjuti berbagai proyek kerja sama Rusia dan Indonesia yang tengah berlangsung. Selain itu, Manturov mengaku ia membawa misi khusus untuk bertemu Presiden Joko Widodo demi menyampaikan undangan dari presiden Rusia kepada presiden Indonesia. Pada 2014 lalu, Putin menunjuk Manturov sebagai utusan khusus Federasi Rusia untuk menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden RI. Setelah pelantikan, Presiden Joko Widodo langsung menyambut Manturov di Istana Negara. Kunjungan Manturov saat itu sekaligus mengawali kunjungan delegasi Rusia yang pertama sejak pergantian kepemimpinan di Indonesia. (RBTH)

2 komentar:

  1. patut di respons ttg tawaran itu untuk di tindak lanjuti pembuatan komponent pesawat sipil komersial apa lg klw bisa pembuatan pesawat militer seperti sukhoi 27, sukhoi 35 bisa diproduksi di PT DI..

    BalasHapus
  2. rusia memang sangat perhatian dengan negara indonesia patut di respon tawaran yang bagus dari rusia untuk indonesia dan rusia semakin harmonis sajetera dengan indonesia mungkin indonesia dirgantara ter ancam dengan semakin banyak nya pesawat tempur generasi 5 f35 lightning II usa staiel stol sudah di pasarkan hanya negara tertentu yg di pilih oleh amerika, hampir hampir rusia di sudutkan oleh semua sekutu nya amerika ,

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters