Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 11 September 2012

Koarmabar Peringati Ulang Tahun TNI AL

Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam suatu upacara militer di Lapangan Arafuru, Markas Komando Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Senin (10/9).

Ulang Tahun Koarmabar
Ulang Tahun Koarmabar (img : koarmabar)
 
Pangalima Koarmabar (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Sadiman, diwakili Kepala Staf Koarmabar, Laksamana Pertama TNI M. Atok Urrahman memimpin pelaksanaan upacara tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno dalam amanat tertulis dibacakan Kasarmabar mengatakan, tanggal 10 September 1945 memiliki arti sangat penting bagi perkembangan TNI Angkatan Laut. Sebab tanggal tersebut menjadi fakta sejarah dan tonggak awal lahir dan berdirinya TNI Angkatan Laut.


Oleh karenanya setiap tanggal 10 September selalu melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut, KSAL mengatakan keberhasilan yang telah diraih dan dicapai oleh segenap jajaran TNI AL sejak berdirinya hingga saat ini, merupakan hasil perjuangan panjang yang tidak terlepas dari pengorbanan serta pengabdian para pendahulu dan tidak boleh disia-siakan.

Untuk itu, TNI AL harus tetap memantapkan jati dirinya dan terus meningkatkan profesionalisme, agar dapat memenuhi tuntutan dan tantangan tugas yang diamanatkan oleh rakyat dan bangsa Indonesia.

Selanjutnya, KSAL mengatakan menyikapi perkembangan lingkungan strategis dihadapkan kepada konstelasi gegografi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, TNI AL dituntut untuk lebih berperan aktif dalam menjaga dan menjamin kepentingan nasional di laut.

Oleh karena itu, pembangunan TNI AL harus konsisten dari generasi ke generasi secara berkelanjutan diarahkan guna membangun kekuatan dan kemampuannya sesuai visi TNI AL yaitu “terwujudnya TNI AL yang handal dan disegani”.

Visi tersebut, menurut KSAL, harus dijabarkan dan diimplemantasikan menjadi beberapa misi yang harus dipedomani oleh semua jajaran TNI AL. Antara lain pembinaan kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut yang berkelanjutan secara efektif dan efisien, menjamin tegaknya kedaulatan dan hukum, keamanan wilayah laut, keutuhan wilayah NKRI serta terlaksananya diplomasi Angkatan Laut dan pemberdayaan wilayah pertahan laut. Juga mewujudkan personel TNI AL yang bermoral dan profesional, mewujudkan kekuatan TNI AL menuju kekuatan pokok minimum (minimum essential force), menjamin terlaksananya tugas-tugas bantuan kemanusiaan, mewujudkan organisasi TNI AL yang bersih dan berwibawa serta mewujudkan keluarga besar TNI AL yang sehat dan sejahtera.

Kepala Dinas Penerangan Koarmabar, Letkol Laut Agus Cahyono melalui siaran persnya, menyebutkan peringatan HUT TNI Angkatan Laut ini dihadiri oleh segenap pejabat teras, Komandan Satuan dan Komandan KRI di jajaran Koarmabar serta seluruh personel baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil.


Sumber : Jurnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters