Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 12 September 2012

Uji Siap Tempur Menguji Kemampuan Kompi Yonkav-4/Tank

PANGDAM III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja menekankan agar Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi tidak dilaksanakan hanya sekedar melaksanakan program atau kegiatan rutinitas, namun harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh sebagai wahana bagi Satuan.

Kompi Yonkav-4/Tank Kodam III Siliwangi
Kompi Yonkav-4/Tank Kodam III Siliwangi
 
“Hal ini untuk menunjukkan performa dan kualitas kemampuan prajurit baik secara perorangan, kelompok dan satuan termasuk bagi para pejabatnya, sehingga diperoleh kesiapan operasional satuan secara lebih optimal dalam menghadapi tugas pokok,”ujar Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir saat membuka Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi Yankav-4/Tank Kodam III/Siliwangi di Mako Yonkav-4/Tank Jalan Salak Bandung, Selasa (11/09/2012).

Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan  bahwa Uji Siap Tempur Tingkat Kompi Yonkav 4/ Tank Kodam III/Siliwangi adalah salah satu metode pengujian dalam latihan menurut kemampuan yang ingin dicapai sesuai pentahapan latihan, setelah Satuan tersebut melaksanakan Latnis dan Lattis tingkat  Kompi.


Mekanisme Uji Siap Tempur tersebut menurut Pangdam  bertujuan untuk menguji kemampuan dan kesiapan tempur Satuan tingkat Kompi dalam suatu operasi.


Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi Yankav-4/Tank Kodam III/Siliwangi di Mako Yonkav-4/Tank Jalan Salak Bandung
Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi Yankav-4/Tank Kodam III/Siliwangi di Mako Yonkav-4/Tank Jalan Salak Bandung (img : kodam-slw.mil.id)

Selanjutnya, keberhasilan UST ini harus dapat diukur melalui parameter yang telah ditentukan dalam sasaran yang ingin dicapai, yaitu mahir dalam melaksanakan materi taktik tingkat Kompi dalam tugas tempur, diperolehnya data kesiapan tempur Satuan tingkat Kompi, terukurnya hasil pembinaan latihan yang telah dilaksanakan, serta diperolehnya data kemampuan Satuan dalam rangka penyelenggaraan latihan selanjutnya.

“Uji Siap Tempur menjadi tonggak penting bagi Komando Atas dalam menilai dan menetapkan posisi seberapa jauh kesiapan personel dan termasuk pula sarana prasarana pendukung dari Satuan,” kata Pangdam.

Tema UST Tingkat Kompi Yonkav 4/Tank Kodam III/Siliwangi tahun 2012 yaitu : “Kompi Yonkav 4/Tank Melaksanakan Pemindahan Pasukan, Operasi Serangan, Operasi Pertahanan dan Pemindahan ke Belakang di Wilayah Kodam III/Siliwangi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Satuan.”




Sumber : Pelita Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters