Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 19 Desember 2014

Hari Bela Negara - Ade Rai Pimpin Upacara, Bendera Merah Putih Terbesar Dikibarkan di Monas

Peringatan Hari Bela Negara jatuh pada hari ini, Jumat, (19/12/2014). Pemerintah menggelar upacara pencanangan gerakan nasional Bela Negara di silang Monas, Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, upacara tersebut dipimpin komandan upacara berambut gondrong yang tak lain adalah I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai alias Ade Rai yang merupakan mantan atlet binaragawan.


Hari Bela Negara - Ade Rai Pimpin Upacara, Bendera Merah Putih Terbesar Dikibarkan di Monas
Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Monas | foto : Liputan6.com/ Putu Merta Surya Putra

Ade Rai ditunjuk sebagai komandan karena dipandang telah membela negara dengan segudang prestasinya. Salah satunya meraih medali emas SEA Games pada tahun 1997.

Upacara tersebut turut dihadiri Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno sebagai inspektur upacara. Bukan hanya itu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim, dan Men PAN-RB Yuddy Chrisnandi. Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan hadir ternyata batal.


Hadir juga sejumlah tamu undangan, di antaranya Band Slank, penyanyi senior Reza Artamevira, dan Perwakilan Pos Indonesia. Dalam upacara itu akan dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih terbesar didunia berukuran 2.250 meter dengan Monas sebagai tiangnya.

Berdasarkan Kepres Nomor 28 Tahun 2006 ditetapkan setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara untuk memperingati deklarasi PDRI oleh Syafruddin Prawira Negara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

Bendera Merah Putih Terbesar di Dunia Dikibarkan di Monas

 Bendera Merah Putih raksasa berukuran 2.250 meter persegi dikibarkan di Tugu Monas dalam upacara Hari Bela Negara di Silang Monumen Nasional. Pengibara ini diawali aksi 3 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang meluncur dari puncak Tugu Monas.‬

‪Sebanyak 3 anggota TNI yaitu Letnan Djatmiko, Serda Marpaung, dan Serda Joko meluncur dengan membawa tali untuk mengibarkan bendera. Pengibaran dilakukan gabungan TNI, Polri, dan Pramuka.‬ ‪Pengibaran dipimpin oleh petinju nasional Chris John yang memberikan aba-aba untuk pengibaran.

Beberapa tokoh nasional dan menteri ikut menarik tali pengibaran bendera, seperti Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka terlihat bersemangat menarik tali untuk mengibarkan Merah Putih di Tugu Monas.

Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah atlet binaraga Ade Rai. Ade Rai, ditunjuk sebagai komandan atas segudang prestasinya, salah satunya meraih IFBB medali emas SEA Games tahun 1997.

Upacara ini juga dihadiri beberapa menteri seperti Menpan RB Yuddy Chrisnandi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menpora Imam Nahrawi, dan sejumlah petinggi partai politik nasional.‬

‪Berdasarkan Kepres Nomor 28 Tahun 2006 ditetapkan setiap 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Syafruddin Prawira Negara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

1 komentar:

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters