Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 12 September 2013

Pesan KASAD Prajurit Kopassus Harus Menjaga Jiwa Korsa

Kepala Staf TNI AD (Kasad), Jenderal TNI Budiman, mengatakan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) harus menjaga jiwa korsa karena sangat diperlukan untuk menjadi seorang prajurit profesional dan andal. Prajurit Kopassus harus mampu menempatkan jiwa korsa sesuai aturan yang berlaku untuk mengantisipasi agar peristiwa penembakan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Yogyakarta, tidak terulang lagi.

Pesan KASAD  Prajurit Kopassus Harus Menjaga Jiwa Korsa
foto : kaskus | suromenggolo

"Anda punya kemampuan bertempur tingkat atas. Kalau tak rendah hati, Anda akan menjadi pasukan liar," kata Kasad di hadapan ratusan anggota Kopassus di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (11/9).


Pada kesempatan tersebut, Kasad menjadi warga kehormatan Korps Baret Merah, yang ditandai dengan penerimaan brevet komando dari Komando Pasukan Khusus TNI AD. Penyematan brevet komando diberikan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo. Sebelum penyematan, Jenderal Budiman terlebih dahulu melaksanakan latihan singkat Komando sebagai prajurit Kopassus.

Lebih jauh, Budiman mengatakan sebagai satuan pasukan elite, seluruh prajurit baret merah itu harus mampu menempatkan jiwa korsa dalam tatanan demokrasi. "Tanpa jiwa korsa, kalian tak akan berani mati untuk membela Tanah Air," kata dia.

Kasad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pemberian brevet komando tersebut. "Penyematan ini semakin memotivasi saya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pembinaan Kopassus dan TNI AD dengan lebih baik lagi di masa mendatang," ujar dia.

Brevet, lanjut Kasad, merupakan lambang kehormatan sekaligus lambang kebanggaan bagi setiap prajurit. Demikian halnya dengan kualifikasi kemampuan yang terkandung pada brevet komando, bukanlah kualifikasi kemampuan standar, tetapi kualifikasi khusus yang diperoleh melalui latihan yang keras, menantang, dan profesional.

Penghargaan tertinggi dari Kopassus itu bertujuan menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan darma bakti kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu, Kasad mengharapkan brevet komando kehormatan tersebut dapat menumbuhkan rasa memiliki sebagai bagian dari satuan Kopassus dengan senantiasa memberikan dukungan dan dorongan moril agar satuan ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. (KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters