Cari Artikel di Blog Ini

Minggu, 08 September 2013

TNI AL Siapkan Flagship Untuk Tingkatkan Kekuatan Militer

Menjaga keutuhan bangsa dari gangguan dan ancaman baik dari dalam maupun di luar wilayah kesatuan Indonesia. untuk mengantisipasi serangan laut, TNI telah mempersiapakn kelengkapan sebuah kapal perang.

KRI Gajah Mada Flagship Pertama TNI AL diawal Kemerdekan RI
KRI Gajah Mada Flagship Pertama TNI AL diawal Kemerdekan RI

Sebuah Negara bangsa yang memiliki kekuatan militer adalah sebuah keharusan. Khususnya Angkatan Laut yang bila  memiliki flagship. Bila dicerna lebih dalam, flagship adalah kapal utama yang punya spesifikasi persenjataan paling mumpuni di suatu armada.

TNI AL, sebagai kekuatan laut terbesar di Asia Tenggara dengan sejarah panjang dalam pengabdiannya, mengenal flagship dalam beberapa periode. Apalagi Indonesia disebut sebagai negara bahari. Sebuah negara bahari sudah jelas memiliki armada militer yang kuat.
 


Tentu saja Satuan kapal patroli (Satrol) TNI AL mengemban tugas yang tak ringan, di tangan satuan inilah dipecayakan operasi ‘ronda’ di sekitaran perairan dangkal NKRI yang padat aktivitas ekonomi kelautan.

Untuk menjalankan tugas patroli tersebut, Satrol di Armada Barat (Armabar) dan Armada Timur (Armatim) dilengkapi dengan kapal-kapal bertonase ringan, lincah bermanuver, dan relatif punya kecepatan tingg. (POL)

5 komentar:

  1. Jadi Flagship indonesia apa ??, KCR 40 atau KCR 60....ha..ha....ha, syarat flagship bukan hanya senjata yg mumpuni tapi dari sisi tonase, persenjataan dan daya jelajahnya.......

    BalasHapus
  2. Ini judul sama isi berita ga nyambung. Apa flagship TNI AL? Destroyer saja kita ga punya, cuma frigate yang diembel-embeli "perusak"

    BalasHapus
  3. Kirov Class sama Arleigh Burke Class kayanya bagus buat jadi flag ship, cuma lebih bagus lagi klo bsa punya beberapa dalam 1 armada, atau malah armada tersendiri untuk destroyer2 itu.
    orientasi sama kapal2 lincah berkemampuan menembakkan rudal memang oke, cuma apa jadinya klo lawannya destroyer?? hit and run kayanya ga akan efektif ngelawan kapal sekaliber destroyer, harapan lain adalah KS, dgn data resmi 2 KS ttp aja msh kurang, destroyer juga ada torpedo tube-nya
    yaa destroyer memang barang mahal, belum lagi persenjataannya, ga mungkin kan destroyer kita kosong arsenalnya.
    cuma daya gentar yang diberikan ga kalah sama kapal selam.
    yaaa dlm sengketa wilayah seperti di Ambalat, show off power dgn manuver beberapa destroyer udah pukulan keras buat mental lawan.

    BalasHapus
  4. penulis bego gak ada cerita lain apa..?sejarah melulu yg di tulis.....sekarang zaman sekarang kekuatan indonesia malah rapu dan sering di lecehkan.....

    BalasHapus
  5. @Alfa sinaga,Kayaknya ga mungkin Indo bisa beli kirov atau Alriegh burke, kalaupun bisa pasti susah, hit & run malah lebih efektif, bahkan pas millenium challenge 2002 US Navy mengatakan kalau kapal kapal kecil dengan rudal jauh lebih destruktif

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters