Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 09 Desember 2014

KRI Sultan Iskandar Muda-367 Jajaki Latihan Bersama Dengan Kapal Perang Turki

KRI Sultan Iskandar Muda-367 dengan tugas utamanya sebagai unsur MTF dalam misi perdamaian yang membantu Angkatan Laut Pemerintah Lebanon dalam menegakkan kedaulatan negaranya secara mandiri, mengamankan garis pantai, mencegah masuknya senjata dan material lainnya secara ilegal di perairan Lebanon sesuai dengan mandat Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1701 tahun 2006, berkesempatan juga untuk melaksanakan latihan bersama atau Joint Exercise dengan kapal perang Turki TCG Buyukada F512 di laut Mediterania.

Latihan Bersama- KRI SIM-367 Adakan latihan bersama dengan kapal perang Turki TCG Buyukada F512 di laut Mediterania

TCG Buyukada F512 merupakan kapal perang jenis korvet kelas Alda yang dirancang sebagai pemburu kapal selam dan dilengkapi radar canggih buatan TUBITAK (Turkish Scientific and Technologic Research Foundation) dan ARMERKOM yang dibangun digalangan kapal Shipyard Command Istambul.


Beberapa serial latihan yang dilaksanakan antara lain komunikasi taktis, Miscellaneous Exercise (Miscex) 805. Latihan Miscex-805 ini bertujuan untuk melatih kemampuan dari tim Pembekalan di laut. Aplikasi dari latihan ini adalah melaksanakan pengiriman logistik melalui mail bag transfer yang bertujuan untuk menambah kemampuan endurance kapal dalam melaksanakan operasinya di laut. KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) IGP Alit Jaya pada kesempatan tersebut bertindak sebagai Officer Conducting Serial (OCS) sekaligus sebagai kapal Guide. TCG Buyukada F512 melaksanakan pendekatan (Approaching) dan melaksanakan setiap tahapan latihan sesuai table order dan perintah taktis dari melalui jaring komunikasi yang diberikan KRI SIM-367. Tahap pertama KRI SIM-367 mengirimkan barang ke TCG Buyukada F512 dan tahap kedua sebaliknya

Komandan TCG Buyukada F512 Leutnant Commander Ali Tuna Baysal dalam suratnya kepada Komandan KRI SIM-367 menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasamanya dalam pelaksanaan latihan bersama ini dan merasa bangga bisa melaksanakan latihan dengan KRI SIM-367. Ini merupakan kesempatan langka bisa melaksanakan latihan bersama, semoga dilain waktu dan kesempatan bisa melaksanakan latihan bersama dan mempererat jalinan kerjasama sesama Angkatan Laut kedua negara.

Pada latihan ini khususnya KRI SIM-367 melibatkan unsur heli BO 105 NV 410 buatan Jerman merupakan alutsista yang miliki oleh TNI Angkatan Laut dan mempunyai kemampuan patrol maritim sebagai kepanjangan mata dari KRI dengan pilot Kapten Laut (P) Pranatha Aditya Rani/Co-pilot Lettu Laut (P) Alkautsar Nizar yang onboard di KRI SIM-367 juga ikut berpartisipasi dengan melaksanakan pengambilan gambar dari udara.

Selain Miscellaneous Exercise (Miscex) 805 mail bag transfer, KRI SIM-367 juga melaksanakan beberapa kegiatan latihan bersama Lebanon Armed Forces (LAF) Navy. Jenis latihan yang dilaksanakan antara lain, Coastal Radar Station (CRS) Training, serta beberapa variasi Tactical Exercise(Tacex), Synthetic Exercise (Syntex).

Latihan bersama ini semakin mempererat hubungan kedua negara yang sebelumnya berkali-kali menandatangani MoU kerjasama pertahanan. November lalu, Indonesia mengadakan MoU dengan Turki dalam konteks pembuatan dan pengembangan medium tank. Tak hanya itu, kerjasama pun telah dimulai dengan PT LEN untuk pengembangan alat komunikasi perbatasan guna menjaga seluruh wilayah perbatasan NKRI. (JMOL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters