Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 11 Desember 2014

PT PAL Mulai Produksi Frigate Sigma kedua

Menteri Pertahanan Ryamizard Riyacudu meninjau galangan kapal PT PAL dan menandatangani prosesi dimulainya produksi ?kapal tipe Perusak Kawal Rudal (PKR) Frigate 10514 yang sudah dipesan Kemenhan sebelumnya.

SIGMA 10514 Guided Missile Frigate
SIGMA 10514 Guided Missile Frigate

Kapal PKR Frigate 10514 adalah kapal kedua pesanan Kementerian Pertahanan?. Produksi kapal ini dilakukan atas kerjasama PT PAL dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS).? Dimana ada modul yang dikerjakan di Belanda dan di dalam negeri.

Prosesi peletakan lunas kapa?l atau proses resmi dimulainya produksi ini dilakukan di galangan PT PAL, di Surabaya, Kamis (11/12/2014). Proses itu dilakukan Menteri Pertahanan Ryamizard Riyacudu,? bersama Dirut PT PAL Firmansyah Arifini dan perwakilan dari DSNS.


Dalam sambutannya, Ryamizard berharap kepada PT PAL dapat memenuhi pesanan Kemehan untuk memperkuat poros maritim Indonesia. ?Proses produksi alutsista itu juga secara bertahap ke depannya diharapkan dapat dilakukan secara mandiri.

“Kita berharap atas pelaksanaanya dilaksanakan dengan sukses dengan Murah dan proses pengerjaannya membawa manfaat bagi model alat pertahanan kita,” ujar mantan KSAD itu.

?Rencananya kapal pesanan Kemenhan itu akan selesai pada tahun 2017. Total anggaran yang dihabiskan untuk kondisi basic $ 220 juta dan apabila sudah terlengkapi sampai akhir anggaran yang dihabiskan sebesar $ 350 juta.

Menurut Menteri Pertahanan, melalui produksi kapal perang tersebut, pemerintah menargetkan dalam kurun waktu 10 tahun mendatang bisa secara mandiri memproduksi alat-alat pertahanan sendiri.

Kapal perang PKR-105 M dibuat dengan panjang 105.11 meter, lebar 14.02 meter, dan 3,7 meter. Berat totalnya 2365 Ton. Kecepatannya 28/18/15 knot dengan jarak jelajah 5000 NM selama 20 hari.

Kapal ini mengangkut awak sebanyak 100 orang dan 22 akomodasi cadangan. Memiliki helipad untuk satu unit dengan maksimum berat 10 ton. Dengan kekuatan mesin pendorong 2X10.000 KW MCR dengan bahan bakar yang sanggup menampung 300 ton.

Kapal PKR-105 ini akan dilengkapi peluncur rudal antikapal permukaan, antiserangan udara, torpedo, dan perangkat perang elektronik. Kapal ini akan dilengkapi helikopter yang membawa torpedo. (Detik)

2 komentar:

  1. ini kapal sekelas ma Arleigh Burke (USA) gag ya???kok namanya kapal perusak...Thx infonya

    BalasHapus
  2. SIGMA 10514 CIass Frigate bro, beda lah sama destroyer amrik.

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters