Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 08 Januari 2016

Singapura Paling Siap Tempur di ASEAN

Hasil kajian dari Lembaga Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) menempatkan Singapura dan Myanmar sebagai negara dengan alokasi belanja militer terbesar di ASEAN. Lembaga yang berlokasi di Swedia itu mencatat Singapura mengalokasikan anggaran sebesar US$ 9,8 miliar pada 2014 atau 3,3 persen dari produk domestik bruto (PDB), sebagian besar untuk peningkatan kualitas alat utama sistem persenjataan. Sedangkan, Myanmar menjadi negara yang mengalokasikan anggaran militer terbesar terhadap PDB.

Singapura Paling Siap Tempur di ASEAN


Dari seluruh Negara ASEAN, Indonesia yang terkecil mengalokasikan anggaran PDB-nya untuk belanja militer, yakni hanya 0,8 persen.  Meski mengalokasikan anggaran PDB palling kecil, namun jumlah total anggaran yang dibelanjakan sebesar USD 7,0 miliar, menempati urutan kedua, setelah Singapura, untuk tahun anggaran 2014.


Tentu dengan alokasi PDB untuk militer yang terkecil di ASEAN, Indonesia masih memiliki peluang untuk mengatrol anggaran militernya, jika diperlukan. Jika dilihat dari alokasi dana (parsial), maka militer Singapura yang paling siap tempur di ASEAN. (JKGR | katadata.co.id)

1 komentar:

  1. singapore negara terkecil diasean mustahil siap tempur terbukti dalam urusan komplik di laut singapore dengan chinase selatan, bukti nya thailand, philifina, malaysia, vienam dan indonesia

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters