Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 05 Januari 2016

5 Fakta Menarik Senapan sniper SPR 2 Kopassus yang Gemparkan Dunia

Senapan sniper SPR 2 buatan PT Pindad, perusahaan alutsista milik Pemerintah Indonesia, tengah menjadi buah bibir di dunia internasional.

Ternyata, senapan sniper canggih yang dipakai Kopassus ini tak bisa dibuat oleh sembarang negara.


5 Fakta Menarik Senapan sniper SPR 2 Kopassus yang Gemparkan Dunia

Lantas apa istimewanya? Nah, berikut fakta-fakta senjata Pindad untuk Kopassus yang gegerkan dunia



Diproduksi Segelintir Negara

Senapan sniper SPR 2 buatan Pindad ternyata cuma mampu diproduksi segelintir negara di dunia.

"Di dunia kurang dari 4 negara yang mampu buat. Itu Amerika dan Eropa, gak enak kita sebut namanya dia di sini juga," kata Kepala Departemen komunikasi Pindad Sena Maulana.

Senapan sniper SPR 2 tergolong besar dikelasnya. SPR 2 memiliki amunisi kaliber 12,7 milimeter.

"Senapan ini tergolong besar dengan kaliber 12,7 milimeter. Di pasaran biasanya cuma 5,62 milimeter," ujarnya tentang senjata Kopassus.

5 Fakta Menarik Senapan sniper SPR 2 Kopassus yang Gemparkan Dunia


Jangkauan Target Jauh

Dream - Kelebihan lain dari Senapan SPR 2 memiliki jangkauan target mencapai 2 km. Tetapi jarak efektifnya 1 km.

Menurut Kepala Departemen Komunikasi Pindad, Sena Maulana, sedikit sniper buatan luar negeri yang mampu bersaing dengan SPR 2.

Kebanyakan sniper buatan luar negeri jangkauan targetnya di bawah SPR 2.

"Saingannya itu sniper black arrow dan truvellow. Keduanya di bawah senjata Kopassus SPR 2 ini jangkauannya," ujar dia.


3 Efek Amunisi Istimewa

Senapan SPR 2 juga memiliki amunisi yang terbilang istimewa, bisa memberi 3 efek sekaligus. Menembus, membakar dan meledak di dalam target dalam satu waktu

Senapan sniper SPR 2 tergolong besar dikelasnya. SPR 2 memiliki amunisi kaliber 12,7 milimeter. Di pasaran biasanya cuma 5,62 milimeter tak sebanding dengan senjata Kopassus ini.


Peluru Tembus Tank

Jenis peluru senapan sniper SPR 2 buatan PT Pindad ditakuti banyak negara. Peluru ini mampu menembus kendaraan lapis baja sekalipun.

"Amunisinya 12,7 mm anti material. Jenis pelurunya paling ditakuti karena bisa menembus tank dan kendaraan lapis baja," kata Kepala Departemen Komunikasi Pindad, Sena Maulana.

Senapan sniper SPR 2 ini berawal dari sniper SPR 2 buatan luar negeri milik TNI yang tak berani diuji coba. Kemudian Pindad berusaha menguji dan akhirnya membuat sendiri.

"Tahun 2003, TNI punya 3 pucuk dari negara lain tapi gak berani uji karena berat dan besar. Akhirnya kita uji bareng-bareng lalu kita buat sendiri pada 2006, itu awal lahirnya senjata Kopassus ini," kata dia.


Ditaksir Banyak Negara

PT Pindad memproduksi senapan sniper SPR 2 untuk digunakan Kopassus. Senjata ini pun mengundang decak kagum dunia.

"Kita sedang bikin 150 pucuk (senapan SPR 2) buat Kopassus. Dunia sniper internasional sudah langsung gempar, bagaimana kalau lebih?" kata kadep komunikasi Pindad, Sena Maulana.

Menurutnya, kemampuan Pindad membuat senjata itu membuat beberapa negara kepincut ingin memiliki. Saat pameran senjata 2014 (Indo Defence) kali ini banyak negara yang ingin melihat dari dekat senapan tersebut.

"Orang-orang asing juga langsung lihat ke sini. Mereka sudah dengar kehebatan senjata Kopassus ini, kita mampu membuat," tuturnya. (Dream)


5 komentar:

  1. Kaliber besar, otomatis daya tolak baliknya pun besar sehingga keakuratannya mungkin juga kurang, kecuali yg nembak betul-betul ahli.

    BalasHapus
  2. Spr2...jangan sampai teknologinya di curi negara tetangga...spt singapore negara pembajak dan negara tukang tipu

    BalasHapus
  3. Spr2...jangan sampai teknologinya di curi negara tetangga...spt singapore negara pembajak dan negara tukang tipu

    BalasHapus
  4. Boleh pinjam ngga tuk nembak para koruptor��

    BalasHapus
  5. INDONESIA dalam teknoligi dan pengembangan senjata kira2 masuk urutan berapa ?

    SPR2 bru di rilis aja,nega lain udah pada kagum :D
    kira2 kalo di jual ke negara lain..itu membatu dana pengembangan untuk kedepan ato kita malah rugi yah ?

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters